b:section class='crosscol' id='crosscol' showaddelement='yes'/>

Tip,Strategi Permainan Bulu Tangkis

Olah raga bulutangkis di Indonesia semakin berkembang dengan bertambahnya jumlah gedung olah raga (GOR) bulutangkis. 

Mereka yang ingin melakukan olah raga bulutangkis secara teratur, tanpa diganggu oleh hujan dan angin, sangat dibantu oleh keberadaan GOR tersebut. Dari sore hingga tengah malam, jadwal pemakaian lapangan setiap GOR tampak sangat padat.
Hal ini menunjukkan antusiasme masyarakat dalam melakukan olah raga bulutangkis,

Jika ingin berkembang dalam permainan bulu tangkis,meskipun hanya sekedar hoby olah raga ,untuk rekreasi, bersosialisasi,setidaknya mengetahui cara memegang raket, teknik footwork yang baik dan seluruh teknik dasar yang bagus , selanjutnya adalah membuat variasi pukulan.

Dengan menguasi posisi dan juga lapangan akan memudahkan beberapa pukulan,saat permainan berkembang taktik dan strategi harus kita perhitungkan dalam permainan.

Penguasaan pukulan dasar dan variasi akan terasa sekali manfaatnya pada saat mulai bermain dalam permainan . Berpikir dan selalu menggunakan taktik yang tepat, bisa mematikan lawan dan memenangi pertandingan.


Berikut beberapa tips dan taktik permainan, untuk permainan tunggal maupun ganda 



permainan ganda memiliki jenis pukulan yang bersifat khusus.Pukulan cepat seperti :

Agar bisa memimpin pada permainan tunggal perhatikan 3 hal di bawah ini:

(1) sudah berada di tengah lapangan sebelum lawan memukul bola

(2) melakukan pukulan dengan posisi selalu berada di belakang bola;dan

(3) sebaliknya berusaha untuk cepat berada pada posisi memukul sebelum lawan kembali ke tengah, atau dalam posisi yang siap melakukan serangan yang mematikan.

Untuk melakukan tersebut perhatikan footwork yang teratur dan cepat. Karena gerakan-gerakan yang cepat ini bisa berlangsung jangka waktu lama, maka diperlukan stamina yang memadai. Tak bisa tidak, footwork yang cepat, teratur, dan stamina yang kuat merupakan faktor dominan yang dibutuhkan seorang pemain tunggal.

Permainan ganda tentu berbeda dari tunggal. Singkatnya, memiliki kecepatan, refleks pukulan, serta power yang besar. inilah tiga modal utama untuk bisa menjadi pemain ganda yang baik, meski footwork-nya kurang baik .

1. drive,

2. smash,

3. return smash,

4. serve, dan

5. wiping (menyapu)

beberapa jenis pukulan yang mutlak harus dikuasai dengan terampil jika anda seorang pemain ganda sejati .

Lebih dari itu, ganda adalah permainan yang mengandalkan kerjasama. Pukulan harus dirancang,

 kemudian mematikan lawan dengan pukulan dari hasil kerjasama yang solid.

variasi pukulan  memang sarat dengan penampilan gerak yang atraktif, konsentrasi,keterampilan teknik yang memukau. 

Untuk itu, jauh lebih penting adalah terus berlatih dengan sungguh-sungguh, konsisten, dan "jangan berpikir tentang hasil akhir yang bakal dicapai, namun berpikirlah tentang proses latihan yang benar."


Saat permainan bulutangkis sedang berlangsung dapat dipastikan terjadi saling serang dan bertahan antara kedua belah pihak yang sedang bertanding. 

Tak mungkin menyerang terus-menerus dan tak mungkin juga bertahan terus-menerus. 

Oleh karena itulah diperlukan strategi yang baik. Pada bulutangkis ganda hal yang sangat penting pada kondisi ini adalah perubahan posisi pemain dari formasi bertahan ke formasi menyerang maupun sebaliknya dari formasi menyerang ke formasi bertahan.


Orang lain  juga sering membacanya;
sportgibaz.blogspot.com
persiapan melatih Forehand Dropshot




Share:

Recent Posts

Protected by Copyscape