b:section class='crosscol' id='crosscol' showaddelement='yes'/>

Semakin Tinggi Tarikan Senar Raket apakah semakin Baik?apakah simpul senar dan jenis senar sudah cocok dengan gaya permainanmu?Standar Ukuran, Berat, Dan Bahan Bola Badminton (Shuttlecock)


Semakin Tinggi Tarikan Senar Raket apakah semakin Baik?apakah simpul senar dan jenis senar sudah cocok dengangaya permainanmu?

standart ukuran satlecock bulutangkis


Standar Ukuran, Berat, Dan Bahan Bola Badminton (Shuttlecock)

Menurut standar yang di keluarkan oleh badan federasi bulu tangkis dunia atau BWF, kok mempunyai karakteristik sebagai berikut:




1. Bahan
2. Jumlah Bulu
3. Panjang Bulu
4. Ukuran
6. Diameter
7. Berat

Berikut ini beberapa contoh jenis senar yang cocok untuk tipe control player dan jenis senar yang cocok untuk power player:
 

Berikut ini beberapa informasi mengenai simpul senar raket badminton/Bulutangkis:
  • Simpul 2
  • Kelebihan simpul 2 adalah senar raket tidak gampang putus, namun jika tidak putus-putus senar juga bisa kendor seiring dengan banyaknya pukulan yang kita lakukan.
  • Simpul 4
  • Kalau simpul 4 biasanya agak gampang putus jika terus-terusan melakukan smash, namun senar tidak mudah kendor sebab disimpul di 4 sisi.
Sesuaikan  dengan gaya permainan bulutangkis

  •  Tipe senar BG 65 ti/68 ti/66 sharp.
  •  Tarikan 22-25.
  •  Simpul 4.
  •  Tipe senar BG 66.
  •   Tarikan 29-30.
  •   Simpul 2.
  • Tipe senar BG 66 sharp.
  • Tarikan 27-28
  • Simpul 2 atau 4.
Semakin tinggi angka tarikan senar raket apakah semakin baik?
Tarikan senar tinggi dan rendah
  •  Kontrol shuttlecock yang baik
  •  Kecepatan awal saat shuttlecock dipukul cepat, memberikan keuntungan untuk pukulan di depan net
  •  Senar Rendah elastisitas  dan pantulan ,rendah gangguan pada saat kok dipukul .
  • Lebuh banyak usaha untuk pukulan panjang
  • Beban lebih di pergelangan tangan dan lengan
  • Elastisitas senar yang baik dapat memberikan tenaga lebih
  •  Memukul jauh hanya  membutuhkan sedikit usaha atau tenaga
  •  Kurang beban di pergelangan tangan dan lengan
  • Kontrol kurang pada shuttlecock
  • Tenaga mudah hilang pada saat shuttlecock dipuku
Bagaimana memilih tarikan senar yang pas

Tarikan senar tidak selalu "lebih tinggi lebih baik."

Tarikan senar dengan tensi 26 - 29lbs , ini terlalu tinggi atau terlalu rendah

Pada saat tarikan terlalu rendah , anda akan merasakan hal seperti ini saat memukul:

Pada saat tarikan terlalu tinggi , anda akan merasakan hal seperti ini ketika memukul:

Permainan bulu tangkis merupakan cabang olahraga raket yang menggunakan raket dan shuttlecock atau kok. Ke duanya merupakan peralatan yang harus ada selama pertandingan berlangsung. Jika raket digunakan sebagai pemukul, lalu apa kok itu sendiri?

Tahukah anda, dalam permainan badminton telah ditentukan standar shuttlecock yang layak dipakai untuk pertandingan atau kejuaraan nasional maupun internasional



Kok atau Shuttlecok 

bola yang digunakan dalam olahraga bulu tangkis yang terbuat dari rangkaian bulu angsa yang disusun membentuk kernet terbuka. Memiliki pangkal berbentuk setengah bola yang terbuat dari gabus.
Istilah shuttlecock di adaptasi dari bahasa Inggris yaitu cock yang berarti ayam jantan, karena sebelum menggunakan bulu angsa, kok di buat dari bulu ayam. Kemudian, kata cock berubah menjadi shuttlecock agar tidak mengandung unsure arti negative.

Standar Ukuran, Berat dan Bahan Bola Bulu Tangkis

Bulu tangkis adalah cabang olahraga yang dipertandingkan di tingkat nasional dan internasional. Oleh karena itu, di butuhkan peralatan yang memenuhi standard dan kelayakan untuk di pakai. Standar dan kelayakan juga di tekankan pada Shuttlecock. Baik induk organisasi bulu tangkis nasional amupun internasional telah menentukan standar-standar ukuran untuk shuttlecock.


Menurut standar BWF, kok di buat dari bulu angsa putih yang di tancapkan pada sebuah bola dari bahan busa karet.Bulu angsa dipilih karena lebih baik di bandingkan jenis bulu lainnya.

Kok standar internasional memiliki 16 bulu angsa yang menancap dan mengelilingi bola karet. Jumlah 16 bulu ini dimaksudkan agar shuttlecock lebih simetris dan dapat memiliki daya kecepatan yang cepat namun stabil saat melambung.

Standar panjang bulu kok harus sama yaitu antara 62 mm dan 70 mm.
Ujung dari bulu-bulu harus membentuk lingkaran dengan panjang diameter antara 58 mm dan 68 mm.

Semua bulu harus tergabung menjadi satu kesatuan yang kuat.
Pangkal kok yang berbentuk setengah bola harus memiliki panjang di ameter antara 25 mm dan 28 mm.
standar kok seluruhnya harus antara 4,47 gram dan 5,50 gram.


Belajar cepat cara memahami tarikan senar raket yang ideal bagi pemain. Kesiapan raket adalah salah satu hal penting yang juga harus diperhatikan dalam persiapan sebelum permainan bulutangkis. Sebuah raket yang ideal adalah raket yang baik dan bisa bekerja atau berfungsi secara optimal sesuai dengan tipe si pemain. 

Untuk mengetahui sebuah raket yang ideal dan baik bagi si pemain, maka diperlukan pengetahuan dalam memahami tarikan pada senar raket. Sebagus apapun raketnya, namun apabila tidak memahami tarikan senar maka hasilnya juga tidak akan maksimal. 

Apalagi bila pada sebuah even pertandingan bulutangkis yang resmi, memperhatikan tarikan senar yang benar pada raket adalah suatu kemestian yang harus dilakukan.

Berikut ini rahasia tarikan senar raket bulutangkis yang bisa anda pelajari untuk memahami tarikan senar yang ideal bagi seorang pemain.

Pertama-tama anda harus mengetahui terlebih dulu jenis senar mana yang cocok untuk tipe pemain seperti anda.


 berikut cara untuk menentukan jenis senar yang cocok untuk anda:

• Senar yang tebal lebih cocok untuk power player
• Senar yang tipis lebih cocok untuk control player

Bagaimana cara untuk mengetahui anda adalah pemain bulutangkis yang control player atau power player?

Untuk mengetahuinya, mintalah bantuan pada teman anda agar ia mengamati anda saat bermain bulutangkis.

 Namun, jangan anda sendiri yang menentukan kalau anda ini tipe pemain yang mana, mengapa? 

Karena kebanyakan dari mereka justru berpikir sesuai dengan apa yang mereka inginkan, bukan sesuai dengan kenyataannya. 

Misalnya: banyak sekali orang yang menginginkan menjadi smasher (spiker) yang handal dalam olahraga bulutangkis, namun kenyataan dilapangan berkata lain, orang tersebut justru jarang sekali melakukan smash, dan lebih banyak melakukan lob dan dropshot. 

Oleh karena itu mintalah bantuan pada teman, pelatih atau siapa saja yang anda percaya untuk mengamati gaya permainan anda saat dilapangan.


• Senar yang lebih cocok untuk digunakan oleh tipe control player adalah bg-66, 68ti, 85, asahaway MP, R4x100/200, gosen pro-66, dan lain sebagainya.

• Sedangkan senar yang cocok digunakan oleh power player adalah bg-65, 95, 65ti, ashaway ML, R4x300, dan lain-lain.
Senar raket badminton memiliki beberapa jenis atau tipe, dibedakan berdasarkan ketebalan senar. 

Berikut ini tipe senar raket badminton :

Senar BG 6
    Kelebihan: Akurasi dan kelenturan bagus (cocok untuk pemain bertipe bertahan).
    
Kekurang: Tidak terlalu tebal (mudah putus). 


Senar BG 65 ti/68 ti
    
Kelebihan: Akurasi dan kekuatan bagus (cocok untuk pemain bertipe menyerang).
   
 Kekurangan: Kurang lentur sehingga sulit melakukan kontrol.

 Senar BG 66 Sharp
   
 Kelebihan: Akurasi, kelenturan dan kekuatan bagus (cocok untuk pemain bertipe menyerang atau bertahan).
    Kekurangan: Harganya yang cukup mahal


Untuk memahami Tarikan senar berikutnya, ikuti tips atau langkah-langkah berikut:

1. Pertama-tama, carilah sparing partner 1 orang, kemudian mainlah setengah lapangan single.

2. Setelah itu berdirilah di garis baseline yang paling belakang. Kemudian pukul shuttle cock dengan 75% tenaga anda dengan menggunakan teknik clear to baseline.

3. Perhatikan hasil pukulan anda, apakah shuttle cock jatuh berada diantara 2 garis baseline? Ulangi percobaan ini kurang lebih hingga 5-6 kali percobaan. Bila shuttle cock out itu berarti tarikan anda kurang tinggi, namun bila shuttle cock tidak sampai di garis baseline depan itu berarti tarikan anda ketinggian.

4. Sekarang lakukan percobaan yang sama seperti tadi, namun kali ini gunakanlah tenaga penuh 100%.

5. Kemudian perhatikan hasilnya, apakah shuttle cock jatuhnya out 20 cm lebih dibelakan garis baseline? Ulangi hingga 5-6 kali percobaan. Jika kok tidak sampai out lebih dari 20 cm, maka tarikan anda ketinggian atau terlalu tinggi dan harus dikurangi.

6. Apabila prosentase hasil percobaan no. 3 dan 4 sudah 80 persen, maka itu berarti anda sudah menemukan tarikan yang cocok atau ideal bagi anda. kemudian cobalah untuk bermain setelah anda menemukan angka tarikan (string tension) yang pass atau ideal untuk anda, dan perhatikan apakah permainan anda mengalami peningkatan.


Prinsip dasar tarikan senar adalah semakin kencang tarikan maka semakin pass atau enak untuk mengontrol dan semakin rendah tarikan maka semaki powerfull.



Ketika memilih tarikan senar yang tepat, pertimbangan utama adalah harus kekuatan instan / kekuatan hentakan pukulan yang cukup ( berarti diperlukan pemain yang mampu memukul dengan kekuatan instan yang kuat ); ketika gaya instan cukup kemudian berpengaruh pada pengendalian shuttlecock yang dapat dipertimbangkan.

“Kecocokan "perkiraan tarikan senar tidak mengacu pada angka tarikan senar tertentu . Pada titik ini saya akan berbagi rahasia dengan Anda semua: dari saat awal raket disenar,senar mulai kehilangan atau berkurangnya tarikan senar berat dlm pon. Banyak pemain mungkin berpikir bahwa "saya bisa bermain untuk waktu yang lama setelah raket saya disenar sebelum saya mulai merasakan perkiraan tarikan terlalu rendah" dan ini adalah karena tarikan senar yang pas untuk setiap individu adalah berbeda-beda, seperti 22- 26 atau 25-29 lbs.

Anda dapat meminjam raket dari sesama pemain dan mencoba melakukan beberapa pukulan dengan raket tersebut yang memiliki angka tarikan senar yang berbeda untuk mencari tahu berapa tarikan senar yang paling cocok untuk Anda. 

Pada dasarnya, asalkan tidak merasakan adanya ketidaknyamanan atau kurangnya kelancaran saat melakukan pukulan, tarikan senar dipastikan cocok .

Tarikan senar tinggi memiliki kelebihan 

tetapi juga memiliki efek samping, yang paling terasa adalah tenaga instan yang dibutuhkan akan meningkat sebagaimana besarnya tarikan senar yang tinggi ; ini berarti bahwa memilih tarikan senar yang benar itu tentu bukan kasus "yang lebih tinggi lebih baik" dan pemain harus mempertimbangkan atas kemampuan dan teknik mereka dan kemudian memilih tarikan senar yang sesuai dengan mereka inginkan.


Setiap orang harus ingat bahwa tidak peduli apakah tarikan senar yang terlalu tinggi atau terlalu rendah , Anda akan harus membuat usaha ekstra dengan setiap pukulan yang dilakukan; 

jadi jika Anda merasa "Dibutuhkan lebih banyak tenaga untuk melakukan pukulan daripada biasanya dengan tarikan senar ini" maka inilah saatnya untuk anda mulai menyesuaikan kembali tarikan senar pada raket anda.



1.Ketika bermain smash, Anda akan merasa seperti kekuatan menghilang saat shuttlecock yang terkena, tidak terkonsentrasi dan shuttlecock tidak terpukul keras

2. Seperti dijelaskan di atas, karena disipasi power lebih dibutuhkan untuk mendapatkan pukulan yang berkualitas,yang berarti bahwa dibutuhkan kekuatan extra

3. Ketika memainkan drive (pada saat dampak dan setelah) kecepatan tembakan akan merasa lebih lambat dari seharusnya.



1. Waktu kontak antara raket dan shuttlecock terlalu pendek sehingga daya memiliki waktu cukup untuk ditransfer.

2. Seperti di atas, hanya 80% dari daya yang digunakan dalam tembakan sebenarnya ditransfer ke shuttlecock sehingga menimbulkan rasa "bermain pukulan jauh membutuhkan usaha dan tenaga yang lebih banyak dan shuttlecock hanya terbang dengan jarak yang relatif pendek"



Orang lain juga sering membacanya;

Rahasia cara Melatih Pukulan Net Lift Bulutangkis 
https://sportgibaz.blogspot.com/2016/03/rahasia-dan-cara-melatih-pukulan-net-lift-bulutangkis.html
 
Rahasia cara melatih pukulan Net shot Bulutangkis
https://sportgibaz.blogspot.com/2016/03/Rahasia-dan-cara-melatih-pukulan-Net-shot-Bulutangkis.html


Rahasia cara melatih pukulan Net Kill Bulutangkis
https://sportgibaz.blogspot.com/2016/04/rahasia-cara-melatih-pukulan-net-kill.html



Share:

Recent Posts

Protected by Copyscape