b:section class='crosscol' id='crosscol' showaddelement='yes'/>

Pengertian pemain libero dalam bola voli beserta beberapa ketentuan dan aturannya

Pengertian pemain libero dalam bola voli

Libero adalah pemain bertahan dalam bola voli yang bertugas untuk menerima ataupun menahan serangan lawan. Mengingat bola dari serangan-serangan lawan akan sangat cepat, keras dan mematikan, maka seorang pemain libero harus memiliki teknik passing dengan kualitas terbaik untuk dapat menahan ataupun mengatasi bola-bola tersebut. 

Seorang libero dituntut dapat melakukan teknik passing atas dan passing bawah dengan baik. Pemain libero merupakan pemaian dalam bola voli yang posisinya sangat bebas dan dinamis,



namun pemain libero dilarang untuk melakukan pukulan smash ataupun servis. 


Pemain libero dalam sebuah pertandingan atau permainan bola voli umumnya memakai kostum yang berbeda dari semua rekan setimnya.


 Berikut ini beberapa ketentuan atau aturan bagi pemain libero dalam olahraga bola voli:



Aturan atau ketentuan libero dalam bola voli:




  • Pemain libero bisa menggantikan setiap pemain yang sedang berada pada posisi belakang.
  • Pemain libero hanya bisa bermain sebagai pemain belakang dan tidak diperbolehkan melakukan pukulan smash atau serangan semacamnya apabila pada saat perkenaannya bola berada lebih tinggi dari ketinggian net.
  • Pemain libero juga tidak diperbolehkan melakukan servis, ataupun usaha untuk menahan serangan lawan dengan membendung (melakukan blocking).
Pemain depan tidak diperkenankan melakukan pukulan yang mana pada saat perkenaannya bola tersebut berada lebih tinggi dari ketinggian net, hal seperti ini berlaku apabila bola tersebut berasal dari umpan yang dilakukan pemain libero dengan passing atas.


 Namun bila bola tersebut berasal dari umpan yang dilakukan libero dengan passing bawah, maka bola tersebut bebas untuk dipukul oleh pemain depan.



Pergantian pemain libero:

Jumlah pergantian yang bisa dilakukan pemain libero tidak terbatas,
 namun dalam pergantiannya  harus diselingi dengan 1 reli diantara pergantian tersebut.


  • Pergantian pemain libero hanya bisa dilakukan pada saat awal setiap set dimana wasit II sedang melakukan pengecekan posisi pemain, pada saat bola mati atau sebelum wasit I meniup peluit untuk dilakukan servis.
  • Pemain libero hanya diperkenankan keluar masuk lapangan permainan melewati garis samping di depan bangku cadangan diantara garis serang dan garis akhir.


Kriteria-kriteria yang harus dimiliki oleh pemain libero bola voli:

  • Mempunyai teknik pertahanan yang sangat kuat
  • Mempunyai dasar teknik passing yang sangat baik (passing atas dan passing bawah)
  • Mempunyai kelincahan dan kekuatan untuk menahan atau menerima serangan dari lawan, baik dari pukulan servis atau pukulan smash yang dilakukan lawan.
Demikianlah artikel yang membahas tentang pengertian pemain libero dalam bola voli beserta beberapa ketentuan dan aturannya.

 Semoga bisa bermanfaat untuk anda, 


orang lain juga sering membacanya;
Pengertian servis bola voli
https://sportgibaz.blogspot.com/2018/08/pengertian-servis-bola-voli-beserta.html

Posisi pemain bola voli beserta tugasnya

https://sportgibaz.blogspot.com/2018/08/posisi-pemain-bola-voli.html?m=1

Share:

Recent Posts

Protected by Copyscape