Prosedur Pelayanan Penerimaan Tamu Tanpa Reservasi
Walk-in guest adalah tamu yang datang tanpa melakukan reservasi terlebih dahulu, tamu datang langsung ke konter Front office dan bertanya apakah masih terdapat kamar dan fasilitas hotel.Menerima Tamu Tiba
- menerima tamu tiba merupakan kegiatan Front Office yang paling penting, karena:
- Kesan & pengalaman pertama bagi tamu.
- Akan membawa dampak positif bagi hotel.
- Kesempatan baik untuk memperkenalkan dan menjual produk & fasilitas hotel.
- Menerima tamu tiba adalah suatu kegiatan yang diawali dengan menyambut tamu saat menghampiri registration counter, sampai melepas tamu ke kamar oleh bellboy.
Prosedur Penerimaan Tamu
- Petugas dalam keadaan siap, wajah ceria, tempat kerja rapi dan bersih.
- Sapalah tamu saat menghampiri registration counter.
- Bila sedang menangani suatu pekerjaan ada tamu yang datang maka sapalah dulu tamu dan sampaikan bahwa kalian akan melayani mereka.
- Apabila tamu yang sudah kita kenal, sapalah dengan menyebut namanya.
- Jika ada tamu yang datang lebih dari satu, berilah salam kepada tamu yang datang terlebih dahulu.
- Jangan sampai kita membeda-bedakan tamu, sambutlah mereka dengan perlakuan yang sama.
Langkah-Langkah penyambutan Tamu Walk-in guest
- Sikap petugas dalam keadaan siap menerima tamu.
- Menyapa tamu saat menghampiri counter.
- Tanyakan kepada tamu apakah telah membuat reservasi sebelumnya.
- Tanyakan kepada tamu keinginan dan kebutuhan yang diperlukan selama menginap di hotel.
- Mengecek kamar yang diperlukan tamu pada room rack.
- Tawarkan kamar sesuai dengan yang diinginkan tamu, jelaskan pula fasilitas dan harga kamar secara lengkap.
- Tanyakan dengan jelas nama tamu untuk kejelasan dalam pengucapan dan penulisanya.
- Mintalah tamu untuk mengisi registration form.
- Tentukan kamar sesuai keinginan tamu.
- Selanjutnya petugas mengisi kolom nomor kamar, jumlah orang, tax & service, harga kamar dan inisial petugas.
- Tanyakan metode pembayaran yang digunakan dan permintaan khusus selama menginap di hotel.
- Cek ulang apakah kamar sudah siap digunakan.
- Berikan informasi mengenai fasilitas dan produk hotel yang tersedia.
- Bacakan dan jelaskan kartu tamu kepada tamu. Informasi yang terdapat didalamnya adalah guest name, room number, arrival and departure date, room rate, guest signature.
- Panggilah bellboy untuk mengantar tamu ke kamar serahkan kartu dan kunci kamar ke bellboy.
- Mengucapkan salam istirahat sebagai kegiatan akhir registrasi.
- Setelah tamu menuju ke kamar, selanjutnya petugas mengisi dan melengkapi formulir kedatangan, daftar A, guest bill, dan room rack slip.
Penanganan Check in tamu perorangan
https://sportgibaz.blogspot.com/2018/10/penanganan-check-in-tamu-perorangan.html