b:section class='crosscol' id='crosscol' showaddelement='yes'/>

Prosedur Menangani Tamu Tiba Tanpa Reservasi

Prosedur Pelayanan Penerimaan Tamu Tanpa Reservasi

Walk-in guest adalah tamu yang datang tanpa melakukan reservasi terlebih dahulu, tamu datang langsung ke konter Front office dan bertanya apakah masih terdapat kamar dan fasilitas hotel.


Menerima Tamu Tiba

  • menerima tamu tiba merupakan kegiatan Front Office yang paling penting, karena:
  • Kesan & pengalaman pertama bagi tamu.
  • Akan membawa dampak positif bagi hotel.
  • Kesempatan baik untuk memperkenalkan dan menjual produk & fasilitas hotel.
  • Menerima tamu tiba adalah suatu kegiatan yang diawali dengan menyambut tamu saat menghampiri registration counter, sampai melepas tamu ke kamar oleh bellboy.


Prosedur Penerimaan Tamu

  • Petugas dalam keadaan siap, wajah ceria, tempat kerja rapi dan bersih.
  • Sapalah tamu saat menghampiri registration counter.
  • Bila sedang menangani suatu pekerjaan ada tamu yang datang maka sapalah dulu tamu dan sampaikan bahwa kalian akan melayani mereka.
  • Apabila tamu yang sudah kita kenal, sapalah dengan menyebut namanya.
  • Jika ada tamu yang datang lebih dari satu, berilah salam kepada tamu yang datang terlebih dahulu.
  •  Jangan sampai kita membeda-bedakan tamu, sambutlah mereka dengan perlakuan yang sama.


Langkah-Langkah penyambutan Tamu Walk-in guest

  • Sikap petugas dalam keadaan siap menerima tamu.
  • Menyapa tamu saat menghampiri counter.
  • Tanyakan kepada tamu apakah telah membuat reservasi sebelumnya.
  • Tanyakan kepada tamu keinginan dan kebutuhan yang diperlukan selama menginap di hotel.
  • Mengecek kamar yang diperlukan tamu pada room rack.
  • Tawarkan kamar sesuai dengan yang diinginkan tamu, jelaskan pula fasilitas dan harga kamar secara lengkap.
  • Tanyakan dengan jelas nama tamu untuk kejelasan dalam pengucapan dan penulisanya.
  • Mintalah tamu untuk mengisi registration form.
  • Tentukan kamar sesuai keinginan tamu.
  • Selanjutnya petugas mengisi kolom nomor kamar, jumlah orang, tax & service, harga kamar dan inisial petugas.
  • Tanyakan metode pembayaran yang digunakan dan permintaan khusus selama menginap di hotel.
  • Cek ulang apakah kamar sudah siap digunakan.
  •  Berikan informasi mengenai fasilitas dan produk hotel yang tersedia.
  • Bacakan dan jelaskan  kartu tamu kepada tamu. Informasi yang terdapat didalamnya adalah guest name, room number, arrival and departure date, room rate, guest signature.
  • Panggilah bellboy untuk mengantar tamu ke kamar serahkan kartu dan kunci kamar ke bellboy.
  • Mengucapkan salam istirahat sebagai kegiatan akhir registrasi.
  • Setelah tamu menuju ke kamar, selanjutnya petugas mengisi dan melengkapi formulir kedatangan, daftar A, guest bill, dan room rack slip.
 Orang lain Juga sering  membacanya:


Penanganan Check in tamu perorangan
https://sportgibaz.blogspot.com/2018/10/penanganan-check-in-tamu-perorangan.html
 
Share:

Recent Posts

Protected by Copyscape