Permasalahan dalam pemesanan kamar
Dalam menerima pemesan kamar hotel terkadang memang tidak luput dari kesalahan-kesalahan,namun harus bisa di antisipasi oleh Hotel.Sebagai supervisor reservasi dituntut untuk mengawasi bawahannya agar mengurangi kesalahan-kesalahan yang seharusnya tidak terjadi.
adapupun kesalahan di bagian reservasi antara lain:
Data pemesanan kamar tidak akurat
- Tidak ada nomer telpon untuk menghubunginya
- Tidak Menyertakan Nama jelas hanya hanya nama depan,tengah atau panggilan akrabnya
- Saat Menulis tanggal reservasi kedatangan keberangkatan kurang jelas penulisannya.
Tidak ada nomer telpon pemesan
Tidak ada nomer telpon tentunya akan berakibat fatal jika kondisi hotel banyak pemesanan.kondisi ini dituntut untuk lebih selektif untuk mengkonfirmasi ulang mana tamu yang bener-bener ingin menginap untuk menanyakan deposit pemesana,kepastian pemesanan sebelum kedatangan tamu.gimana jadinya bila tidak ada nomer telpon pastinya Hotel akan mengalami kerugian.
Kamar hotel banyak yang tidak terjual saat tanggal kedatangan tamu.tamu yang kita harapkan tidak kunjung datang.Nomer telpon pemesan sangatlah penting,jangan sampai lupa untuk menanyakannya.
Nama pemesanan tidak jelas
Untuk mengantisipasi kesalahan saat menulis nama diusahakan menanyakan nama jelas.
agar tidak kerepotan sendiri saat melakukan pengecekan nama,apalagi banayaknya reservasi nama yang sama pada saat tanggal kedatangan.sehingga data tamu tidak di ketemukan.
apakah pembayaran nantinya dengan tamu yang bersangkutan menginap.jangan sampai salah untuk penagihan apalagi penagihan ditujukan ke perusaan.
agar tidak kerepotan sendiri saat melakukan pengecekan nama,apalagi banayaknya reservasi nama yang sama pada saat tanggal kedatangan.sehingga data tamu tidak di ketemukan.
Kekliruan menuliskan tanggal
Keliru menuliskan tanggal kedatangan dan keberangkatan hal ini mungkin terjadi apabila penulisan untuk bulan ditulis dengan angka, sebaiknya ditulis 1-Oktober-2018 dibanding dengan menuliskan 01-10-2018Kesalahan informasi pembayaran
Rincian pembayaran tidak dicatat,apakah pembayaran nantinya dengan tamu yang bersangkutan menginap.jangan sampai salah untuk penagihan apalagi penagihan ditujukan ke perusaan.
Kesalahan informasi harga.
kesalahan memberikan informasi harga kamar.kamar yang dipesan sudah termasuk Net atau belum termasuk pajak pelayanan
Kesalahan informasi harga.
Kurangnya memberikan informasi hak tamu saat menginap
Tidak menjelaskan hak yang didapatkan tamu saat menginap,suatu contoh harga sudah termasuk sarapan pagi atau belum.jangan sampai tamu saat c/o ada tambahan pembayaran.karena kurang informasi, tamu bisa saja tidak membayar.
Kesalahan dari tamu sendiri
untuk mengantisipasi kesalahan dari pemesan, biasakan untuk mengulang kembali apa yang di pesan.Orang lain Juga sering membacanya;
Struktur/Bagian Front Office (FO)Struktur/Bagian Hotelhttps://sportgibaz.blogspot.com/2016/04/strukturbagian-front-office-fo.html
Tata cara menerima telpon dalam depatment Front Office
https://sportgibaz.blogspot.com/2018/10/tata-cara-menerima-telpon-dalam.html